Try n Error

Try n Error

Partisi Harddisk di Windows Vista


Pada suatu siang yang cerah tiba-tiba saya bertemu dengan seseorang, kemudian setelah berbasa-basi sebentar dia meminta saya untuk membagi partisi harddisk laptop toshiba a200 yang baru 3 minggu dibeli.

Kaget dan dengan sedikit perasaan takut akhirnya saya menyanggupi. Pertama-tama yang terlintas di pikiran adalah dengan menggunakan partition magic. Ternyata Partition magic yang saya punya tidak kompatible dengan vista. Setelah berpikir lagi akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan partition tool bawaan dari linux. Akhirnya saya keluarin sistem operasi kesayangan yaitu ubuntu 7.04 feisty fawn (live cd) setelah berkutat sekian lama dan membuat partisi akhirnya bisa juga dibagi menjadi dua.

Setelah berhasil membagi partisi kemudian saya masuk lagi ke vista………… ternyata drive yang baru saja dibuat tidak bisa tampil alias tidak dikenali oleh vista padahal filesystem sudah menggunakan NTFS.

Bingung selama dua menit :-) kemudian saya coba cari cara lain di help-nya bawaan vista ternyata malah ada cara yang sangat mudah dan cepat untuk membagi partisi harddisk yaitu dengan menggunakan disk management.  Pekerjaan selama dua jam sia-sia saja :D

Pelajaran yang bisa diambil :

sebelum melakukan sesuatu baca dulu help yang tersedia jadi tidak membuang-buang waktu.

14 Juli 2007 - Posted by | Windows

68 Komentar »

  1. TYVM!!!
    Barusan tadi saya ketemu dg masalah yg sama.
    & problem will be solved I think…

    Komentar oleh momoi | 26 Juli 2007 | Balas

    • sy mau tanya,di labtop sy mengunakan vista sbg OS, sy ingin mengunakan XP juga. Gimana caranya?? trm ksh seblmnya.

      Komentar oleh gunawan | 26 April 2010 | Balas

      • jika sudah terinstal sistem operasi dan ingin melakukan instalasi sistem operasi yang berbeda dapat dilakukan dengan 2 macam cara.
        1. Teknik dual booting. Dengan teknik ini maka pada saat kita memulai windows akan tampil menu windows mana yang akan kita jalankan. Cara persiapkan space kosong untuk system operasi yang baru (windows xp dalam hal ini) kemudian lakukan instalasi windows. Sebaiknya windows XP diinstall sebelum vista sehingga boot loader akan menggunakan windows vista. Cara pertama ini sangat riskan, jadi dipersiapkan hati dan pikiran karena kegagalan dapat menyebabkan seluruh data hilang.
        2. Dengan menggunakan virtual server. Disini windows xp akan diinstall di dalam windows vista, jadi cara ini paling aman digunakan. Virtual server dapat menggunakan virtual box atau vm server.

        Saran saya : gunakan virtual server saja dulu.

        Komentar oleh yayan | 27 April 2010

  2. Saya senang bisa membantu :-)

    Komentar oleh yayan | 26 Juli 2007 | Balas

  3. aku sering install software lain tapi banyak yang ditolak di vista, seperti adobe photoshop cs2

    Komentar oleh irawan | 4 Agustus 2007 | Balas

  4. Sampai saat ini windows vista tidak bisa diinstal sembarang program. Hanya program yang diperuntukkan bagi vista yang bisa jalan.

    Komentar oleh yayan | 4 Agustus 2007 | Balas

  5. matur kengkyu, hari ini sy jg diminta partisi tmn di vista n stelah berkutit lama aq jg mau partisi lewat qpartednya linux, tapi setelah google n ktemu blog ini
    he…he…
    kucoba trikmu
    thanks

    Komentar oleh arif | 13 Agustus 2007 | Balas

  6. Waduh mas, matur nuwun banget alias Thenk You…
    Udah dari siang tadi coba partisi hardisk-nya Vista (udh coba pake partion magic 8, DiskDirectorSuite10.0, dll) ternyata ga bisa ‘n sama yg dialami mas yayan.
    Dan setelah baca artikel ini, BERHASIL PARTISI HARDDISK DI VISTA…
    Terima kasih untuk sarannya untuk “baca-baca help”-nya :)
    Btw, kalo ada artikel lagi (apapun yg berhub.sm comp. bisa dikasih tahu ga ya ke emailku??). TQ before :)

    Komentar oleh Narendro | 23 Agustus 2007 | Balas

  7. menyambung problem partisi di Win Vista…
    Saya mula2 partisi pake disk management,n bjalan baik beberapa lama. baru2 ini laptop Toshiba A135 saya tidak bisa masuk windows(mungkin crash).Saya coba install ulang windows, tetap tidak berhasil. Akhirnya terpaksa saya install Win XP. Tetapi terjadi problem ketika ingin saya partisi lagi, Partition Magic 8 tidak mengenali partisi sebelumnya. Jika ada yang mengetahui software partisi untu vista saya mohon pencerahannya. thx

    Komentar oleh zira | 22 September 2007 | Balas

  8. saya dah coba pake disk management tp cuman bisa buat partisi baru, gimana cara ngedit partisi yang sudah ada? misalnya partisi C: yang tadinya misal 10 GB mau menjadi 20 GB. thanks b4.

    Komentar oleh achange | 25 September 2007 | Balas

  9. Mas, saya masih susah membaca help untuk mempartisi windows vista..
    Bisa kirim pake print screen dalam word ke e-mail saya gak??
    Saya masih SMP jadi kurang berani ngotak-ngatik barang baru dibeli

    Komentar oleh deden | 28 September 2007 | Balas

  10. bagaimana cara membagi partisi di windows vista saya kurang jelas

    Komentar oleh Akhyar_skc | 29 September 2007 | Balas

  11. mas tolong dong software yang bisa partisi hardisk denan so vista kirim email saya ya thanks before

    Komentar oleh kusuma | 1 Oktober 2007 | Balas

  12. aq jg mau mau. bs kirimin tips yang gamblang ke account aq di yahoo. mkch bgt , salam

    Komentar oleh awang | 4 Oktober 2007 | Balas

  13. coba baca di help-nya dengan kata kunci drive. Baca sedikit. Saya yakin pasti semua bisa. Yang penting belajar bahasa inggris dikit minimal pasif :-)

    Komentar oleh Yayan | 16 Oktober 2007 | Balas

  14. mas repartition hardisk menggunakan disk management – Strorage -shrink bisa berjalan sempurna gak di VISTA

    soalnya gw mau repartisi hardisk tanpa merusak OS VISTA keliatannya sich berjalan sempurna cuman dr 160 GB hanya bisa muat 100GB & 50Gb

    terima kasih atas infonya

    Komentar oleh ragwi | 18 Oktober 2007 | Balas

  15. pak yayan

    sekedar masukkan keliatannya partisi dr VISTA bisa berjalan dengan sempurna klo melihat dr petunjuk di situs ini

    http://articles.techrepublic.com.com/5100-10877_11-6170510.html

    walau cuman bisa dikit tapi yang penting bisa tanpa merusak data hardisk lama he he he

    terima kasih atas infonya

    Komentar oleh ragwi | 18 Oktober 2007 | Balas

  16. Bisakah kita partisi di vista sesuai size disk yg kita inginkan,? ataukah shrink ini tidak bisa kita ganti size nya ?

    thanks

    Komentar oleh mas_telco | 25 Oktober 2007 | Balas

  17. Untuk rekan2 yang mau resize partisi C: di Vista, ikutin guide saya di http://geeks.netindonesia.net/blogs/zeddy/archive/2007/10/19/resize-vista-s-system-partition.aspx

    Thanks,
    Z.

    Komentar oleh z | 6 November 2007 | Balas

  18. brooo
    yang elu saranin itu bisa nambah masalah
    coz klo pake tips elo, extend di C: jadi ilang, terus unallocated nya ada dibelakang partisi baru.
    emang cepet seh, tapi bahaya
    coba pakai tips ini, lebih aman
    http://geeks.netindonesia.net/blogs/zeddy/archive/2007/10/19/resize-vista-s-system-partition.aspx

    Komentar oleh amamaali | 28 Desember 2007 | Balas

  19. mas tolong kirim softwere untuk bisa partisi di vista home basic..!!

    Komentar oleh tris | 12 Januari 2008 | Balas

  20. Kalo buat external drive bisa gak? NB: OS Vista

    Thanks

    Komentar oleh Aldi | 20 Maret 2008 | Balas

  21. maaf belum pernah coba tuch :-)

    Komentar oleh yayan | 9 April 2008 | Balas

  22. tolong mas
    aq mau partisi pada vista basic kok belum berhasil.
    sdh aq coba lewat disk management, setelah aq ini partisi yg
    aq inginkan, tapi tombul “shrink” nya kok tdk aktif ya.
    giama ya cara yg lain ?

    Komentar oleh triw | 23 April 2008 | Balas

  23. terima kasih banyak bung yayan…..
    saya juga bingung mo.. partisi hardisk di vista…
    dan ALHAMDULILLAH setelah saya searching di google akhirnya ketemu juga caranya….
    sekali lagi terima kasih banyak…..
    maju terus IT Indonesia.

    Komentar oleh agung | 19 Mei 2008 | Balas

  24. halo mas’
    mau nanya neh,kalo buat ngembaliin ukuran hd sebelem di partisi bisa ga ya?soalnya aq kemaren ngedownload ubuntu dan aq salah naruh,jadi yang aq alokasikan buat ubuntu 24gb dari 150 sisa hdku malah buat vista,dan sekarang sisanya ga tau kemana,sedangkan dia ga mau bgeboot ubuntu??
    so punya ide???hehehehe

    Komentar oleh erick | 21 Mei 2008 | Balas

  25. mohon pencerahannya mas, laptopku hp compaq include vista home basic, source vistanya ada di hdd. maunya aku tambah partisi, karena partisi yang ada di hdd nya, c untuk vistanya, dan d untuk file recovery nya. maunya aku tambah partisi lagi, gimana caranya biar tidak merusak partisi recovery nya, mohon bantuannya.

    Komentar oleh adi | 28 Mei 2008 | Balas

  26. tengkyu y mas, ,udah di coba. .
    tadinya mau pake partition magic tapi malah ga bisa. .
    tengkyu juga coz jg bisa bwad dijadiin bahan tulisan. .hehehe

    Komentar oleh adez | 10 Juni 2008 | Balas

  27. Saya sudah coba partisi hardisk dg Disk Management yg ada di menu Vista tapi tidak berhasil, proses tdk dapat berjalan/terhenti pada saat melangkah ke menu Shrink Volume keluar pemberitahuan “The attemted operation is invalid bla..bla..bla.. . Hardisk sy dari awal sudah terbagi 2 partisi c: untuk program dan d: untuk data, dua2 nya ga bisa di partisi lagi dg Disk Management. Gimana yah….ada saran dari temen2..??

    Komentar oleh yan | 14 Juni 2008 | Balas

  28. Ada info katanya bisa dg menggunakan Acronis Disk Director, tapi sayangnya softwarenya harus beli, ada sih yg Free Trial udh sy donlot Ver 10, cuman masalahnya ga bisa partisi dg ukuran besar, maksimum hanya kira2 100 kb. Barangkali ada temen2 yg punya Full Version, tolong bagi2 donk…

    Komentar oleh yan | 14 Juni 2008 | Balas

  29. mas tau dua partisi yg hidden di vista?
    nah klo ilang salah satu n mau nge-create partisi hidden yg ilang itu, gmn caranya ya?
    mohon bantuanya..

    Komentar oleh anis asrory | 22 Juli 2008 | Balas

    • coba instal paragon hardisk manager..
      buka prog paragon
      ntar tampilan menunya yang kehiden tu invallid..tapi masih bisa dibuka..trus buka kayak tree menu trus pilih folder mna yang penting trus klik kanan ekxpot pindah ke disk c yang sebelumna dibuat terlebih dahulu
      lumayan lah…
      selamat mencoba

      Komentar oleh etokento | 8 Oktober 2009 | Balas

  30. tdnya dya dual boot satu xp n yg kedua vista tp setelah saya format ..?
    hardisknya dua 2 partisi yg 1. xp n 2. vista ..!!
    setelaH saya format yg 1.xpnya dya kok ga mo dual boot lg ya..??
    langsung setelah restart dya ke xp..??
    gmn crnya biar bisa dual boot lg ya..??

    Help mee..!!!

    Komentar oleh aRie | 27 Juli 2008 | Balas

  31. YA AMPUNNN DARI TADI TANYA PARTISI DI VISTA…..
    ACRONICS MASIH BLM COMPATIBLE……..
    YG PASTI PARAGON PARTITION MANAGER LAHHHHH (DIJAMIN HALAL :-)

    Komentar oleh Hendra Wijaya | 19 September 2008 | Balas

  32. salam kenal, tutorial yang menarik :)

    Komentar oleh arifudin | 15 Oktober 2008 | Balas

  33. awesome bung !!
    ini namanya ndak bertele2…tp langsung jos!
    tapi bagi yang males baca HELP ni gw jelasin..

    1. pertama buka ‘disk management’ di control panel
    2. trus cek partisi hard disk apa masih banyak (penting ndak sieh……hahaha)
    3. setelah cek sekarang klik kanan di partisi yang ada (biasanya cuma C:_) trus pilih ‘shrink’
    4. setelah itu akan muncul boks isi dengan jumlah bytes yang akan di pecah trus lanjut dengan kata lain partisi yang akan anda buat mau diisi berapa besar
    5. kemudian enter2 trus sampe selesai (ini kalian diminta mengikuti step by step anatara lain kasi nama apa, pilih jenis file apa? ntfs/fat32-pilih ntfs-, dsb nya)
    6. kemudian akan muncul partisi baru, tapi masi file raw, jadi klik kanan dipartisi baru dan format terlebih dahulu.
    7. selesai
    8.langkah ini bisa diulang2.. ^^ happy trial !!!!!!!

    Komentar oleh jojo | 12 November 2008 | Balas

  34. How to resize a partition in Windows Vista

    Because programs such as Partition Magic don’t work on Windows Vista, some of you may be wondering how to resize partitions without losing any data. The good news is that you probably won’t be needing those programs because Windows Vista can manage your partition resizing.

    To resize a partition with Windows Vista, follow these steps:

    Be sure to back up any valuable information, because there is a slight chance that data can be lost when dealing with partitions.

    1) Click on the Start menu

    2) Right click on Computer and click on Manage

    3) You may get a User Account Control dialog here; just click Continue

    4) In the left pane, open up the Storage category and click on Disk Management

    5) Here, you will find your partitions for your disks. Right click on the partition you’d like to modify.

    6) Click on Extend Volume or Shrink Volume to extend or shrink the selected partition.

    If this doesn’t work for you because some options were greyed out, you can check out this post for an alternate method.

    Still need help? Check out our new forums where you can get an even faster and better response!

    « The fastest way to defragment your hard-drive

    Komentar oleh Alee | 27 November 2008 | Balas

  35. mas, pas saya mau membagi partisi hardisk di laptop saya dng menggunakan partition magic tiba2 partisi D: hilang mana disana ada data penting. gmn cara mengembalikannya atau merestore kemabali.

    Komentar oleh re2 | 12 Desember 2008 | Balas

  36. memang untuk vista cukup dengan disk management, seperti yang pernah dilakukan oleh mas,
    saya juga pernah mengalami hal seperti itu, sedikit berbagi coba lihat cara mempartisi hardisk di windows vista

    Komentar oleh andimulyandi | 14 Desember 2008 | Balas

  37. Saya punya masalah saat akan membuat partisi satu lagi.

    muncul pesan “The dynamic disks are not supported by this operating system”. Saya menggunakan Vista Home Premium.

    Sebelumnya di disk management sudah muncul 4 partisi. 2 partisi merupakan partisi untuk kepentingan laptop sendiri (otomatis) sedangkan 2 partisi lainnya adalah Vista dan Data” saya. Nah, saya ingin membuat 1 partisi lagi. Bagaimana yah solusinya?

    Komentar oleh Taruma | 22 Desember 2008 | Balas

  38. coba cek system yang digunakan. Apakah menggunakan fat atau ntfs atau yang lain. Ada kemungkinan anda tidak menggunakan file system yang sesuai.

    Komentar oleh yayan | 23 Desember 2008 | Balas

  39. aq jg sering pake disk management nya vista, tapi sayang banget yah… kalo buwat toshiba L310 cm bisa shrink volume 4,7 G doank wank… wank…. wank …., ada yg th ga solusinya… spy bsa ky yg laen …smpe 50 g ….

    Komentar oleh enyong | 8 Januari 2009 | Balas

  40. ya elaaahh jeeekk…
    cara partisi ahridsk itu semudah membnalikan telapak tangan kalau di vista..
    tinggal buka disk management aja. langsung tokcer.
    saya ada 1 cara agar hardisk yg sudah di partisi bisa di edit yg asalnya cuma 20 giga bisa di tambah sampe 50 gigabyte!! keren gx??
    yg mw tipsnya kirim testi ke friendster gw aja bro.
    Gammadoank@yahoo.com
    nanti gw kasih tw caranya partisi edition express.
    cuma gw kayanya yg tau carana.,.,
    hahahahaha…

    Komentar oleh rega | 21 Januari 2009 | Balas

  41. upppz lupa. sorry dobel posting.
    partition editing express ini engga ngerubah atau mneghapus data
    yg lo pada punya.
    so safe bgt gituu..

    Komentar oleh rega | 21 Januari 2009 | Balas

  42. yg mw ngadu dota ayo gw jabanin

    Komentar oleh rega | 21 Januari 2009 | Balas

  43. gw master komputeeerrr….
    lawan gw klo bisa.
    lo blh tny apa aja sma gw mngenai komputer, laptop. yeehhh enemyy.,.,

    Komentar oleh rega | 21 Januari 2009 | Balas

  44. wak wawwww… ngantuuuk dh gw..

    Komentar oleh rega | 21 Januari 2009 | Balas

  45. mas aq udah coba tapi tdk bisa sesuai yang aq harapin..
    yg ada pun aq cuma bisa shrink vol. n ada batasx..
    bisa kasih jalan keluar?

    Komentar oleh aldi | 27 Januari 2009 | Balas

  46. sy bru bli notebook toshiba M305-S4848
    harddiskny 250 Gb
    dstu hnya trdpt 1 partisi yaitu drive C
    sy udh nyba pke disk management tp g bs
    krn shrink vol.nya ada btsnya mpe 4 Gb doang
    tlng sy ksh solusiny bwt partisi biar jd 2 ato3!
    soalny klo bkrja dgn 1 drive akn krepotan jka trjadi apa2

    Komentar oleh Hadha | 7 Februari 2009 | Balas

  47. saya sudah berhasil partisi jadi 3 bagian, tap saya kelupaan drive C master terlalu kecil, tolong dong gimana caranya partisi C di besarin tanpa format ulang? mohon penjelasannya yah. terima kasih.

    Komentar oleh ilham | 13 Maret 2009 | Balas

  48. saya mau bantuanya bro saya baru beli PC core(TM)2 hardisknya 360 GB dibagi 4 partisi C, D, E, dan F sementera partisi C cuma 32 GB gimana cara menghapus 1 partisi F lalu digabungkan ke partisi C sehingga kapasitas partisi C lebih besar
    saya udah coba pakai partisi magic ver 8 tapi ngak jalan di wind. Vista
    thank’s

    Komentar oleh yumrizal | 24 Maret 2009 | Balas

  49. tolong donk mas jelasin bagaimana backup hardisk yang sudah terintall lengkap memakai windows vista ori buat backupan-nya hardisk ke-2 alias buat serep,
    karna cd asli windows vista-nya rusak

    Komentar oleh purnama | 25 Maret 2009 | Balas

  50. mas,masalah saya hampir sama dengan yg dialami oleh re2. saya mau bagi harddisk laptop saya dgn menggunakan partition magic tiba2 partisi D: hilang. gmn cara restore local disk D: nya,mas?

    Komentar oleh rosida | 26 Maret 2009 | Balas

  51. wah terimakasih

    Komentar oleh ngepress | 18 April 2009 | Balas

  52. owh gitu toh. hihihi… mantabh gan.. :-bd

    Komentar oleh ridhoyp | 23 April 2009 | Balas

  53. Bro, sy pake vaio dgn hardisk 250. Awalny sy membagi 2 partisi. Lalu sy ada masalah dgn window shingga harus instal ulang. Sy udah pake partition under dos tp yg ada malahan partisi ny jadi 1..gmn cara step by step supaya sy bsa membuat partisi baru lebih dari 2..oh y data yg dulu d partisi sebelumnya hilang bisa kembali tidak? Tolong kirim caranya ke email y bro’—terima kasih atas perhatiannya

    Komentar oleh Vlabel | 2 Juni 2009 | Balas

  54. MASALAHNYA ADALAH KITA TIDAK BISA MENGATUR VOLUME PARTISI YANG PAS JIKA MENGGUNAKAN DISK MANAGEMENT BAWAAN DARI WINDOWS VISTA DGN CARA MENGKLIK SHRINK VOLUME. APAKAH ADA SOLUSI YANG LEBIH BAIK?

    Komentar oleh ROMIE | 7 Juni 2009 | Balas

  55. Partisi Di Vista Gampang Susah Klo Pakek Shrink Emang Bisa Tapi Terbatas Cuman Bisa 50% : 50%, Jadi c 50% d 50%, yang D Masih bisa di partisi Lagi Tapi Yang C Sudah Tidak BIsa Di partisi Lagi, Gmana Dong Caranya biar C bisa kita partisi denga Kapasitas sesua yang Kita Inginkan..? Bantu Dong Temen2

    Komentar oleh Dinocell | 22 Juni 2009 | Balas

  56. nice infoo

    Komentar oleh stream | 9 Juli 2009 | Balas

  57. SAYA MENGALAMI KEHILANGAN PARTISI SECARA TIBA-TIBA PADA VISTA. APA YANG MENYEBABKANNYA YA??

    PLEASE HELP!!

    Komentar oleh HABIBI | 16 Agustus 2009 | Balas

  58. knp y jmlh pastisi d’laptop saya maksimum 3 partis??saya menggunakan win vista home premium

    Komentar oleh NEWBIE | 4 Desember 2009 | Balas

  59. bantu saya dunx..knp y jmlh pastisi d’laptop saya maksimum 3 partis??saya menggunakan win vista home premium

    Komentar oleh newbie | 4 Desember 2009 | Balas

    • “bantu saya dunx..knp y jmlh pastisi d’laptop saya maksimum 3 partis??saya menggunakan win vista home premium”

      : Pada saat membagi partisi menggunakan apa? Coba dengan disk management bisa tidak?
      : coba gunakan partisi manager seperti partition magic versi terbaru.

      “Bro, sy pake vaio dgn hardisk 250. Awalny sy membagi 2 partisi. Lalu sy ada masalah dgn window shingga harus instal ulang. Sy udah pake partition under dos tp yg ada malahan partisi ny jadi 1..gmn cara step by step supaya sy bsa membuat partisi baru lebih dari 2..oh y data yg dulu d partisi sebelumnya hilang bisa kembali tidak?”
      : partisi menjadi satu dikarenakan kesalahan pada saat melakukan fdisk atau saat install ulang windows.
      : untuk membuat partisi kembali menjadi 2 silahkan ikuti tutorial diatas atau saran dari teman2 yang lain.
      : isi harddisk bisa dikembalikan asal belum diformat untuk yang kedua kalinya. bisa dengan menggunakan get data back.

      Komentar oleh yayan | 4 Desember 2009 | Balas

  60. dima sih download diks management..????/ susah ya…..

    Komentar oleh nadya | 16 April 2010 | Balas

  61. disk management tidak usah download…
    sudah ada di administrative tool + computer magement

    Komentar oleh yayan | 24 April 2010 | Balas

  62. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    - no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    - delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968 / 081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang spesialis recovery data. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

    Komentar oleh maya | 7 Oktober 2010 | Balas

  63. I almost never leave a response, however i did some searching and wound up here Partisi Harddisk di Windows Vista Try n Error.
    And I actually do have 2 questions for you if it’s allright. Is it only me or does it look like some of the remarks come across like they are coming from brain dead visitors? :-P And, if you are posting at other places, I would like to follow everything new you have to post. Could you make a list of every one of all your community sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Komentar oleh best way to get pregnant | 29 Januari 2013 | Balas

  64. I’m not sure why but this website is loading extremely slow for me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end? I’ll check back
    later and see if the problem still exists.

    Komentar oleh upper lip hair removal | 30 April 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

