Try n Error

Try n Error

DAMN SMALL LINUX (DSL)


Damn Small Linux merupakan sebuah distro linux yang besarnya tidak lebih dari 50 Mb sehingga sangat ringan dan cocok digunakan untuk komputer-komputer tua seperti pentium 1 atau bahkan sebelum pentium (386,486 dan lain-lain).

Walaupun kecil tetapi DSL ini mempunyai banyak sekali kelebihan diantaranya :

  1. Proses instalasi yang mudah dan cepat (hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit)
  2. Dapat mendeteksi hardware secara tepat.
  3. Mengenali Flash DIsk dengan mudah.
  4. Dapat digunakan untuk wireless lan.
  5. Dapat menggunakan apt-get sehingga mudah untuk melakukan penambahan program.
  6. Menggunakan Desktop Manager Fluxbox yang mudah dan nyaman untuk digunakan.
  7. dan masih banyak lagi.

Selain keuntungan-keuntungan tersebut tentu saja ada beberapa kekurangan diantaranya adalah :

  1. Kurangnya dukungan program-program yang dapat digunakan di DSL (DSL mempunyai ekstensi sendiri sehingga tidak mudah untuk melakukan upgrade atau penambahan program.
  2. Belum adanya repository yang mendukung DSL.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan DSL ini marilah sekarang kita coba untuk melakukan instalasi. TaTahap-tahap yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Download masternya di http://damnsmalllinux.org/download.html

  • Burn hasil Download-an kamu ke CD

  • Masukan CD ke Komputer (Sebelum kamu masukin CD ke komputer, seting BIOS agar booting lewat CD).

  • Setelah proses booting, maka akan muncul tampilan live CD, ketik install.

  • Next step adalah mempartisi hard disk. Pilih menu no 12 pada layar monitor dan tekan enter (note: mainan partisi hard disk di linux, hampir sama kayak mainan partisi hard disk di windows).

  • Setelah hard disk dipartisi pilih option nomor 3 ( Install to Hard drive).

  • Ketik hda1 saat muncul tulisan “enter the target of partition”.

  • Selanjutnya akan muncul tawaran apakah PC akan digunakan untuk multi user atau untuk ribadi, ketik Y bila PC memang digunakan untuk rame2 dan N bila sebaliknya.

  • Ketika muncul tulisan “Use jurnalized ext3 filesystem “ Ketik N

  • Continue?? ketik Y.

  • Tunggu sampai muncul tulisan ” Proceed to install bootloader “ ketik Y

  • Lalu kamu akan ditawari untuk menggunakan grub atau lilo active partition, aku saranin pake Grub, masalahnya aku nyoba install pake lilo gagal terus. T.T ketik G kalo mau pake Grub dan L untuk Lilo .

  • Selesai dech!!! (CD akan keluar dengan sendirinya, dan me-restart komputer).

  • Isi password untuk root dan user (pass tsb digunakan untuk menjalankan root dan login)

  • user namenya DSL passwordnya*******

  • Selamat mencoba.

3 Juli 2007 - Posted by | Linux

20 Komentar »

  1. maaf nich mas. saya kan baru belajar komputer nih. di burning-nya tu setelah di unextract atau masih dalam bentuk zip-nya? terima kasih ya mas.

    Komentar oleh habibi | 19 Juli 2007 | Balas

  2. Download yang masih dalam bentuk ISO.
    Setelah didownload silahkan pakai Nero atau program sejenis untuk membakar ke CD.
    Semoga berhasil.

    Komentar oleh yayan | 20 Juli 2007 | Balas

  3. bang, setelah booting kok nggak kelar tampilan livecd, tapi DRDOS. ada masalah pada apanya bang, sebagai tambahan : procesor AMD K6. mohon bantuannya.

    Komentar oleh habibi | 27 Juli 2007 | Balas

  4. pada percobaan yang saya lakukan, saya pakai pentium I dan AMD K5 dan pada laptop Thosiba K6, semuanya tidak ada masalah bahkan harddisk yang saya pakai adalah harddisk yang sama sekali tidak bisa diinstall wind* alias harddisk bad sector🙂.
    DRDOS maksudnya apa?? Apa cuma tampil text?
    BIOS sudah disetting agar booting dari CD??
    Burning CD juga jangan menggunakan kecepatan maksimal CD-RW karena sering masalah.
    Pada waktu download ISO menggunakan accelerator?? kadang koneksi yang putus juga menyebabkan CD error.

    Komentar oleh yayan | 27 Juli 2007 | Balas

  5. sip lah …
    banyak banget tutor linux nya ..
    wahh .. bisa sharing neh …

    lam knal mass…

    Komentar oleh deanet | 28 Agustus 2007 | Balas

  6. Mas Yayan, terima kasih sebelumnya.
    Saya mau tanya gimana cara nambahin network cardnya??? Saya sdh pasang network cardnya tp msh tidak kedetect.
    thx

    Komentar oleh hendy | 5 Oktober 2007 | Balas

  7. mas aq pingin nyambungin DSL atau vektor soho ama Win XP pake LTSP trus caranya gimana?.. tolong di emel donk cara instalasi ltsp pake dsl and vektor soho… selumnya aq ucapin tanks…

    Komentar oleh agus | 7 November 2007 | Balas

  8. gmn cara instalnya kalo biosnya tidak mendeteksi cd rom, pentium 1-133 Mhz, 32 ram,hdd 13 Gb

    Komentar oleh dani | 24 November 2007 | Balas

  9. bang, cd burning yang cocok untuk dsl apa bang? nero bisa ga ya?

    Komentar oleh habibi | 14 Desember 2007 | Balas

  10. DSL merupakan linux yang sangat kecil tapi kemampuannya lumayan bagus. LAN Card yang saya coba semuanya berhasil dengan baik. Pada percobaan saya menggunakan LAN Card lama. Kalau yang baru belum dicoba karena dana terbatas jadi beli lan card yang harganya sekitar 500 aja🙂.
    Untuk mas dani biosnya gak support cdrom??? masa iya sich, kalau pentium I seharusnya sudah bisa. mungkin belum terpasang dengan baik. coba rubah konfigurasi kabel atau mungkin kabel data yang sudah rusak.
    buat mas habibi, cd burning hampir semuanya tidak ada masalah, sesuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan masing-masing. yang jelas jangan terlalu kencang mbakarnya karena akan bermaslah pada cdrom yang lama.

    Komentar oleh yayan | 22 Desember 2007 | Balas

  11. Mas aku sudah bakar file iso pakai power iso, bios juga sudah, tapi pada waktu booting yang keluar pilihan tampilannya hanya profile satu. Aku sudah download dua kali dan bakar 2 kali tapi hasilnya sama saja. Terima kasih atas bantuannya..

    Komentar oleh parkawi | 31 Januari 2008 | Balas

  12. klo diinstall di usb tambah keren tuh pak😀
    http://damnsmalllinux.org/wiki/index.php/Installing_to_a_USB_Flash_Drive

    dulu saya pernah beberapa kli pasang DSL.. hmm.. keren .. untuk distro sekecil itu…
    klo mo yang lebih oks lagi bisa coba slax basis slackware just 192 MB.. masih cukup di pasang di FD yang 256😛

    btw. saya juga anak pwt nie mas..😛 lam kenal🙂

    Komentar oleh KayGenz | 9 Februari 2008 | Balas

  13. Saya mau nanya cara instal DSL ke harddisk.
    Kalau misal harddisk saya udah saya partisi jadi 2 yaitu C dan D (dalam windows)
    Lalu kalau saya mau instal DStL tersebut ke harddisk gmn crnya?
    Harddisk saya udah saya partisi menggunakan partition magic dengan ext2, lalu gmn crnya instal ke harddisk.
    Soalnya saya sudah coba mua instal ke harddisk kok ga isa?
    Yang diketik di “enter the target of partiion” itu apa?
    saya coba ketik hda7 kok ga isa?
    Tolong bantuannya
    Thx

    Komentar oleh Stuarts | 5 Juni 2008 | Balas

  14. kakak kalo mo instal damn small linux ke hd dari usb/flash disk gimana
    soalnya aku mo bikin dual booting pake windows xp
    xp dah aku instal tinggal damn small linuxnya
    kalo dari flash disk bisa kan kakak
    share caranya ke e-mail ato di sini jua boleh
    makasih kakak

    Komentar oleh dhika | 12 Februari 2009 | Balas

  15. mas saya mau tanya nic saya nyoba install damnsmall ko ga mau ya padahal saya dah masuk ke menu partisi dan saya isi” hda1 rus ga ada terusanya padahal mirip ma om yany di tuliis di web ini gimana ni om solusi nya n biar ga bingung aq minta caranya di kirim langsung ke alamat @mail q tanks ya om

    Komentar oleh zooodai | 10 Juni 2009 | Balas

  16. nice info😀

    Komentar oleh gozen | 12 November 2009 | Balas

  17. mas, hardisk q kan eror (mungkin jg windowsnya yg rusak ato hardisknya yg rusak), kalo begitu bisa gx booting dari cd rom, sebelum nya gwe dah burn ke cd, tp q gx tau kecepatan nya di buat berapa sama yg ngeburn, tp intinya cd nya gx mau muter di cd rom nya, cd rom nya 48x max. Apa ada yg salah y, ato kalau os di hardisk rusak nie os gx bisa jalan, ato mungkin jg sama orang yg menyediakan jasa burn keceptan cd nya di buat 52x y.

    Komentar oleh rizqi | 2 Agustus 2011 | Balas

  18. wah,nice info,sob.Saya juga mau pakai tapi yg puppy linux aja deh…

    Komentar oleh sigitdanirma | 3 April 2012 | Balas

  19. oke mas broo saya kasi tambahan ni sesuae pengalaman saya downlowad dulu os linuk apa ajah dan juga downlowad unetbotin setelah itu siapin flashdisk lalu buka unetbotin kelik brouse pilih os yang telah di downlowad tapi ini kusus os linuk ya dan pilih jenis flash disk yang mau di pake setelah itu tekan oke dan tunggu beberapa menit ajah okey. nah kalau udah selesae tutup semua lalu keluarin hdd leptop kamu , colokin flash disk dan hdupin leptop anda lalu biting pake usb flash kalo gak bisa diemin ajah biar dia boting sendir, nah kalo sudah munycul iconya enter ajah dann tunggu maukan

    Komentar oleh edy | 6 Januari 2013 | Balas

  20. DSL versi apa nih kak?

    Komentar oleh fatahlity | 2 Februari 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

