Try n Error

Try n Error

Dosen Jangan Menjadi Pejabat Struktural?


BANDUNG, (PR).-
Ada wacana baru yang dilontarkan Rektor Unisba, Prof. Dr. H. E. Saefullah, L.L.M., yakni dosen seharusnya tidak menduduki jabatan struktural di perguruan tinggi. Hal itu disebabkan jabatan struktural menyita waktu sehingga sebaiknya dipegang oleh tenaga administrasi (karyawan).

“Banyak dosen yang tidak berkembang jabatan fungsional maupun kepangkatannya hanya karena sibuk dengan urusan pekerjaan administrasi,” kata Saefullah, ketika melantik 12 pejabat baru Unisba, akhir pekan lalu.

Bagi Saefullah, keberadaan dosen seharusnya lebih ditekankan pada aktivitas pendidikan, penelitian, dan pelatihan. Artinya, dosen bukan untuk mengurus administrasi fakultas atau jurusan. Karenanya, Unisba sudah membuat agenda untuk menyerahkan jabatan struktural kepada tenaga administrasi.

“Saat ini masih ada beberapa bagian yang pejabatnya juga menjadi dosen dan berusaha dipertahankan seperti bagian Akademik dan humas,” katanya.

Saefullah bahkan mencontohkan dirinya yang sudah sulit untuk berkembang setelah menjabat sebagai rektor. “Mau menulis buku saja belum terlaksana, padahal naskah sudah banyak. Akibat disibukkan dengan urusan administrasi, membuat pemikiran-pemikiran yang seharusnya untuk keilmuan menjadi urusan administrasi yang terbawa sampai mimpi,” ujarnya.

Khusus Bagian Akademik, kata Saefullah, bukan sebatas mengerjakan tugas-tugas administrasi, tapi berhubungan dengan pengembangan kurikulum. “Pengembangan kurikulum harus dipegang oleh pejabat yang kompeten yang berasal dari tenaga pengajar atau dosen,” tuturnya.

Sedangkan Bagian Humas Unisba, kata Saefullah, masih dipegang dosen karena sampai sekarang belum ada tenaga administrasi yang menguasai ilmu kehumasan. “Saat ini ada karyawati yang sedang dikembangkan menangani bagian humas, tapi dari segi kepangkatan belum memenuhi syarat,” jelasnya.

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/082006/31/0702.htm

 

2 September 2006 - Posted by | Akademik

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: